Tuesday, December 10, 2019

Cara cepat dan mudah isi PMP atau EDS terbaru

Selamat pagi, salam satu data operator Indoneaia. Dilihat dari judulnya pasti operator sekolah banyak yang nyari di google. Memang benar pengisian PMP cukup memerlukan waktu yang dapat dibilang lama. Apalagi ditambah pekerjaan lain yang belum terselesaikan. Pasti pusing keliling-keling kayaknya. Langsung saja, ini cara cepat untuk pengisian kuisioner PMP adalah dengan meminta bantuan kepada resonden untuk menginputkan kuisionernya sendiri ke dalam aplikasi PMP. Jadi agak ringankan tugas operator. "Waaah ngisi sendiri, kan itu tugasnya operator", mungkin sahabat operator sudah sering mendengar kata-kata ini. Tapi sahabat operator tidak ada salahnya mencoba memberi penjelasan kepada bapak /ibu guru untuk belajar mengisi sendiri.
Mungkin bapak/ibu guru responden mungkin ada yang bertanya, Bagaimana cara mengisinya? Kan laptop yg terinstal dapodik dan PMP cuma satu, apakah harus bergantian?. Jawabannya PMP bisa di share di jaringan lokal. Operator dapat memanfaatkan modem router bawaan ISP yang ada jika sekolah berlangganan layanan internet di sekolah seperti speedy, Indihome, biznet ,dll. Caranya sebagai berikut.
1. Koneksikan laptop operator yang sudah terinstal aplikasi dapodik dan PMP ke modem/router melalui kabel jaringan atau wifi (jangan lupa di on kan ya folder sharingnya).
2. Koneksikan laptop / tablet / smartphone  bapak dan ibu guru yang ditunjuk sebagai responden ke wifi modem/router yang sama.
3. Di laptop operator buka device dengan cara klik start --> device. Perhatikan yang dilingkari warna merah adalah nama laptop yang akan digunakan untuk membuka web PMP
4. Di laptop bapak/ibu guru reaponden silahkan buka aplikasi browsernya, dan ketikkan nama laptop diikuti titik dua dan nomor port PMP yaitu 1745. Contoh http://sdnmartopuroiii:1745/


5. Masuk dengan menggunakan akun yang telah di daftarkan di aplikasi dapodik dan kuisioner siap di isi.
Bagaimana sahabat operator sudah beres kan? Selesai dengan cepat dan aman kurang dari dua hari :)
, , , ,

No comments:

Post a Comment